Perawatan Epoxy Lantai Yang Benar

Epoxy lantai mudah perawatannya, tidak memerlukan teknik khusus. Epoxy lantai telah banyak dikenal sebagai cat untuk lantai berbagai fasilitas manufaktur, pergudangan, restoran, rumah sakit dan berbagai tempat yang lainnya. Sistem pelapisan lantai ini dipilih karena kemudahan instalasi, daya tahan serta kemudahan dalam hal perawatan secara keseluruhan. Meskipun cara pemeliharaan epoxy lantai tidak sesulit jenis lantai yang lainnya, penting untuk diketahui cara merawat dan teknik merawat lantai ini dengan benar agar didapatkan hasil yang maksimal dari epoxy lantai ini.

Rencana Pemeliharaan

Lapisan epoxy lantai aman untuk lalu lintas yang padat karena tahan lama dan tahan aus. Sama halnya dengan investasi lain dalam fasilitas Anda, perawatan yang benar dan baik akan memperpanjang umur lantai anda.

Perawatan Epoxy Lantai  Perawatan Epoxy Lantai

Perawatan Epoxy Lantai Perawatan Epoxy Lantai

Berikut adalah teknik perawatan harian, mingguan dan tahunan.

Perawatan harian epoxy lantai dilakukan dengan cara yang sangat sederhana. Untuk pembersihan lantai epoxy sehari-hari tidak memerlukan cara yang rumit, tetapi harus dilakukan rutin dengan cara menyapu dan mengepelnya setiap hari. Dengan menghilangkan segala macam partikel kecil, anda akan menjaga lantai epoxy terbebas dari goresan dan akan mengurangi keausan. Jika lantai epoxy terpapar bahan kimia yang keras atau erosive, penting agar tumpahan apapun dibersihkan sesegera mungkin. Jika tidak dibersihkan segera, bisa terjadi bahan kimia tersebut akan mengikis dan merusak lantai secara permanen.

Perawatan mingguan epoxy lantai dengan cara menggosok lantai secara menyeluruh untuk memastikan permukaan lantai tersebut bersih dan halus. Tergantung dari tingkat kepadatan lalu lintasnya, terkadang mungkin diperlukan penggosokan dua kali dalam seminggu.

Waspadai adanya noda yang cukup besar, goresan halus atau permukaan epoxy lantai yang tergores cukup dalam. Meskipun epoxy lantai memiliki ketahanan yang cukup bagus, tetapi akan mengalami masalah jika terkena benda tajam. Kunci untuk menghadapi semua masalah ini adalah tidak mengabaikannya begitu saja, tetapi segera cari cara untuk mengatasinya. Jika anda tidak yakin cara untuk menangani masalah noda ataupun goresan, pastikan untuk bertanya pada aplikator pemasangan epoxy lantai tersebut untuk mendapatkan cara terbaik menyelesaikan masalah lantai epoxy.

Saat melakukan penggosokan lantai epoxy setiap minggu, penting untuk menggunakan bahan pembersih yang tepat untuk menjaga lapisan epoxy lantai tetap terlihat baru. Idealnya dapat menggunakan pembersih non alkalin yang lembut agar tidak merusak permukaan epoxy lantai. Apabila ruangan tidak terlalu besar, gunakan satu cangkir sabun pencuci piring dan campur dengan empat atau lima liter air. Hindari penggunaan sikat bulu yang keras pada saat menggosok lantai karena akan merusak permukaan lantai tersebut.

Pemeliharaan lantai epoxy ini sangatlah sederhana, hanya membutuhkan pembersihan dasar agar tetap bersih dan mengkilap. Namun setelah 1 tahun mungkin terjadi epoxy lantai sudah berkurang glossnya dan tidak dapat dibereskan dengan pembersihan rutin. Mungkin sudah waktunya untuk dilakukan pengecatan ulang. Anda dapat memanggil jasa epoxy lantai professional untuk melakukan pengecatan ulang lantai anda. Aplikator jasa epoxy lantai akan melakukan penggosokan atau pengamplasan permukaan cat epoxy lantai kemudian juga akan memperbaiki kerusakan yang mungkin ada, mengisi celah pada permukan lantai yang rusak dan kemudian akan mengecatnya dengan epoxy lantai yang baru.

Epoxy lantai ini akan terus menjadi solusi terbaik untuk berbagai lantai industri. Dengan terus melakukan dan mempertahankan perawatan harian, mingguan dan tahunan, anda akan mendapatkan hasil epoxy lantai yang cukup bagus selama bertahun-tahun.